Cara Memasang Perban Pada Luka Secara Tepat

Cara Memasang Perban Pada Luka Secara Tepat

Pertolongan pertama ketika terjadi luka, baik itu yang disebabkan oleh goresan benda tajam atau mungkin benturan sangatlah penting. Apalagi jika seandainya luka tersebut mengeluarkan darah, jika tidak segera diatasi memungkinkan penderitanya akan kehilangan banyak darah. Hal ini tentunya berpotensi menyebabkan tubuh kekurangan darah bukan. Segera hentikan pendarahan tersebut, bersihkan luka dan kemudian di perban. Gunakan obat luka tidak lengket di kasa juga.

Mungkin banyak diantara Anda yang sering kali bermasalah pada pemakaian obat atau salep untuk luka, dimana setelah diaplikasikan dan ditutup lukanya, maka obat tersebut nantinya justru menempel pada area perban atau kasa tersebut, tentunya kurang efektif dalam mengobati bahkan cenderung lebih boros pemakaiannya bukan. Untuk itu pastikan memilih obat luka yang tepat. Ketahui juga cara membungkus atau memperban luka dengan benar, yaitu:

  1. Pilihlah perban yang sesuai, berbeda jenis luka tentunya akan berbeda pula perban yang tepat untuk digunakan, mulai dari bahan sampai dengan ukurannya carilah yang paling pas sehingga tak perlu berulang-ulang melipat atau memotongnya.
  2. Mulai memasangkan perban di area yang terluka tersebut, hendaknya jangan memasangnya terlalu ketat karena akan mempengaruhi aliran darah ke bagian yang terluka, pasang dalam ukuran yang tepat sampai luka tertutup sempurna.
  3. Rekatkan perban tersebut, setelah semua perban sudah dipasangkan, maka selanjutnya Anda bisa merekatkannya menggunakan pelindung. Hanya merekatkan perban tersebut menggunakan plester pada area kulit yang sehat saja, bukan pada area yang terluka, karena akan menyebabkan rasa sakit.
  4. Mengganti perban harus dilakukan setiap hari, meskipun kondisinya masih cukup baik, namun rutin untuk melakukan pergantian perban tersebut setiap hari, dengan tujuan menjaganya agar tetap bersih, meminimalkan resiko terjadinya infeksi karena bakteri ataupun jamur yang bersarang di dalamnya.

Mudah bukan, bahkan Anda bisa melakukannya sendiri untuk jenis luka yang sifatnya memang ringan. Cara merawat luka ini penting untuk diketahui oleh siapa saja, apalagi para orang tua yang memiliki anak kecil di rumah. Temukan obatnya lebih mudah di Go Apotik.